Salah satu teknik terpenting dari kebudayaan paleolitikum di Indonesia adalah

SoalSatu

Salah satu teknik terpenting dari kebudayaan paleolitikum di Indonesia adalah

 

jawaban : Salah satu teknik terpenting dari kebudayaan Paleolitikum di Indonesia adalah manusia hidup berburu dan meramu.

 

Pembahasan : Pengertian zaman Paleolitikum, Zaman Paleolitikum adalah zaman batu tua yang terjadi pada zaman Praaksara sekitar 50.000 sampai dengan 10.000 tahun yang lalu atau sekitar tahun 50.000 – 10.000 sebelum masehi (SM), yakni ketika zaman es mulai berakhir. Para ahli menyebut zaman ini dengan zaman batu tua karena kehidupan manusia purba pada zaman ini menggunakan peralatan yang terbuat dari batu alami yang masih kasar tanpa diasah atau dipoles.

Pada zaman Paleolitikum manusia Jawa dan manusia Peking telah ada. Di Eropa, Asia, dan Afrika, telah hidup manusia Neanderthal pada awal tahun 50.000 SM, manakala sekitar tahun 20.000 SM, serta manusia Cro-Magnon telah menguasai kebudayaan Eropa dan Afrika Utara. Di Indonesia sendiri, perkembangan kebudayaan pada zaman Paleolitikum ditemukan oleh Von Koenigswald di sekitar Pacitan dan Ngandong.

About administrator

Check Also

Air selalu mengalir dari tempat yang lebih tinggi ke tempat yang lebih rendah. Aliran ini dapat digunakan sebagai sumber energi.Aliran air yang sangat deras merupakan sumber energi gerak. Energi ini dimanfaatkan untuk menghasilkan listrik. Aliran air yang makin banyak dan deras menghasilkan listrik yang makin besar. Pada stasiun pembangkit listrik tenaga air, air biasanya dibendung sehingga permukaannya menjadi tinggi. Pembangkit listrik tenaga air biasanya dibangun di wilayah perbukitan yang sering terjadi hujan. Air dibendung, lalu dialirkan melalui terowongan yang menurun. Aliran air tersebut memutar turbin yang dihubungkan dengan generator. Generator yang berputar menghasilkan energi listrik.

Bacalah teks berikut untuk soal nomor 5 dan 6! Air selalu mengalir dari tempat yang ...

Read more

Leave a Reply

Your email address will not be published.